Problem segitiga persahabatan

Q : Auntie..aku punya sahabat,si A dan B.Jadi awalnya si A cerita ke aku tentang keburukan si B didepan aku.Lalu,si B cerita tentang keburukan si A didepan aku.Aku harus gimana nih aunt?mereka sahabat aku.Aku gamau ngecewain salah satu dari mereka,tapi aku juga gamau kayak gini terus,aku hrs gimana ya?


A : Ada yang bilang gini “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu” terus “Kasih menutupi segala sesuatu”. Apa ya maksudnya? Nah, sebagai sahabat yang baik, waktu kamu denger si A dan si B saling ceritain keburukan satu sama lain, maka jangan sekali-kali kamu sampein hal tersebut. Coba dengerin aja dengan sikap empati, tapi gak usah kasih komen apa2. Waktu kamu tampung semua keburukan yang disampaikan temen kamu itu, sebenernya kamu udah jadi pendengar dan sahabat yang baik buat dia. Lah…lama2 mumet dong, dengerin mulu keburukan orang, kaya tampungan sampah? Hem…percaya lah, bakal lebih mumet dan runyam kalo kamu salurin kabar itu ke orang lain.
Terus apa kita musti diem aja kalo tahu temen kita memang betul punya keburukan seperti yang diceritakan? Kalo bener kamu itu sahabat yang baik, mungkin ada waktu kamu bisa kasih nasehat yang membangun supaya dia berubah, tapi bukan atas dasar “kata si anu juga, kamu tuh….”. Ada yang bilang juga orang bijak dan berhikmat itu murni, pendamai, tidak memihak, dan tidak munafik, Jadi non, kalo kamu bisa berlaku seperti itu, percayalah kamu gak akan ngecewain sahabat2 kamu, dan kamu sendiri belajar jadi orang bijak, ok??

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesal Sama Ortu

Q : Aunt… mo nanya gini.. Jadi aku tuh kadang sebel banget sama mamih aku tan, sebelnya kebangetan lah sampe pingin banting pintu dan keluar

Read More »
All About Teen

Sulit Mendapat Sahabat Sejati

(Q): Auntie, kenapa untuk mendapatkan sahabat sejati itu sulit ? Caranya biar bisa dapet sahabat gimana? (A): Pasti sulit soalnya sahabat itu sesuatu yang berharga,

Read More »