Anak Perempuan Dilarang Pulang Malam

Q : Hi auntie, aku cewe & aku baru lulus sma taun ini. Ortu aku masih ga terlalu ngebolehin kalo aku mau pulang malem abis main sama temen”, biasa kalo udh malem aku dichat terus & dicall terus dan itu membuat aku ngerasa ga nyaman dan ga bebas banget. Gimana nih auntie, ada tips? Padahal aku udh minta ijin dari seminggu sebelumnya loh.


A : Hi juga. Pastinya gak enak dan gak tenang banget ya, lagi main sama teman-teman tapi dicariin terus sama ortu.

Sikap kamu udah benar sih minta ijin jauh-jauh dari sama ortu dan sebetulnya mereka udah mengijinkan kamu ya.

Hem, coba auntie bantu yah dengan beberapa pendekatan ke ortu kamu.

Pertama-tama, coba kamu cari tahu, sebetulnya apa sih yang membuat ortu kamu bersikap seperti itu. Kamu tanyakan ke mereka di waktu khusus, tapi bukan ketika kamu mau minta ijin pergi, atau waktu baru pulang pergi. Apakah karena mereka khawatir dengan kondisi jaman sekarang, atau apakah mereka tidak percaya sama kamu, atau sama teman-teman kamu, dll. Dengan memahami mereka, akan lebih mudah buat kamu, untuk menanyakan juga ke mereka, menurut mereka bagaimana solusinya, supaya ketika kamu pergi, mereka tidak khawatir, dan sekali-sekali boleh pulang malam, dan malamnya jam berapa.

Kamu juga bisa mulai memperkenalkan teman-teman yang biasanya pergi sama kamu, lewat cerita ke ortu kamu, tentang mereka, jadi ortu kamu sedikit banyak mulai tahu tentang teman-teman kamu, itu akan mengurangi kekhawatiran mereka.

Nah, untuk prakteknya, coba kalau suatu saat kamu mau pergi lagi, kamu tanyakan ke mereka, boleh pulang jam berapa. Minta waktu sedikit lebih malam, misalnya jam 22.00 / 23.00. Lalu katakan ke mereka, untuk mereka tidak telepon terus , dan pastikan kamu pulang sesuai jam perjanjian. Katakan ke mereka, waktu kamu akan pulang, kamu akan mengabari mereka kalau kamu on the way home, jadi mereka tenang.

Intinya, kamu harus coba membuat perjanjian jam dengan ortu kamu, dan kamu harus tepati jam tersebut, atau kamu yang memberi kabar ke mereka menjelang waktu tsb kalau kamu sedang perjalanan pulang.

Mudah-mudahan tips ini membantu yah.

Salam,

Auntie Ann

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog

Stuck di airport

  Senin, 24 Agustus 2015 10.30 Stuck di airport! Baru kali ini saya ngalamin yg namanya stuck di airport. Memang sih gak separah Tom Hanks

Read More »