Anak Sekolah Mau Belajar Jualan

Q : Aunt jadi aku anak smp dan kakak aku anak sma. Suatu hari mama aku bilang “eh kalian berdua, liat nih anak teman mama masih kelas 11 udah bisa jualan, laku lagi, kalian gimana sih? Jualan dongg bisnis kek”… Menurut auntie gimana? Kalo untuk seusia kita, harus jualan apa aunt?

A : Kalo jualan tujuannya untuk mulai belajar bisnis, boleh juga tuh. Kalo untuk anak SMP-SMA, coba dilihat dulu hobbynya atau punya kemampuan apa, lalu dikembangkan utk dijual. Misalnya hobby/ pintar bikin pernak pernik kalung gelang jepit tas, pintar gambar animasi, logo, pintar desain untuk website, bikin video clip, atau mulai ngajar pelajaran untuk anak SD. Nah, itu sebagian besar adalah jasa yang bisa ditawarkan/dijual. Selain bisa menghasilkan uang, bisa mengembangkan kemampuan dan hobby yang dimiliki, sekaligus belajar bisnisnya.

Tapi saran auntie, kalo tujuannya semata-mata cari duit aja, kalo memang bukan karena kebutuhan mendesak, lebih baik fokus sekolah dulu. Kalau nilai kita bagus, kan lebih gampang masuk kuliah dengan biaya yang lebih ringan, atau lebih bagus lagi bisa kejar bea siswa. Secara gak langsung kita udah menghemat uang yang harusnya dikeluarkan, sama aja dengan menghasilkan uang kan?

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube

Gagal Move On – Part 1

Susah lupain mantan, berkali-kali gagal move on. Apa sih penyebabnya? Padahal udah berusaha dengan berbagai cara, tapi masih gagal terus.

Pada video Part 1 – Move On ini, Auntie mau kasih tau, hal-hal apa yang musti kamu persiapkan dulu sebelum kamu masuk dalam proses move on.

Nanti pada video lanjutan di Part 2 – Move On, baru Auntie akan jelaskan tips atau langkah-langkah untuk move on yah.

Read More »
Love & Relationship

Menunda Menikah Demi Karir

(Q) : Auntie, perempuan yg menunda untuk menikah (mau nikahnya umur 35 keatas) karena mengejar karir di kantor dan penghasilan tinggi itu salah nggak? gmn

Read More »