Gimana Supaya Gak Sebel Sama Mantan?

(Q) : Auntie, benci sama cinta itu beda tipis yah. Kenapa banyak yg tadinya saling sayang/cinta. Akhirnya malah jadi sebel. Apalagi pihak yang diputusin. Gimana sih biar kita bisa ga sebel lagi? Soalnya di saat udah gamau sebel juga, hati kita tetep ada yang ngeganjel sama dia.


(A) : Pertama-tama, cinta dan benci itu beda jauhhhhh banget. Nah, kalo yang tadinya saling cinta, terus jadi sebel, itu biasanya memang karena ada yang tersakiti, merasa diperlakukan tidak adil, salah paham, atau unsolved problems.

Nah, biar gak sebel lagi, jawabannya klise sih…yaitu harus bisa mengampuni. Tapi ini kayanya satu-satunya cara (yang kepikir sama auntie). Sebenernya mengampuni itu “It’s not about her/him, but it’s all about yourself”. Waktu kamu memutuskan untuk mengampuni, sebenernya kamu sedang melepaskan diri kamu sendiri dari belenggu kemarahan, kepahitan, kebencian, dll. Bukan orang yang kamu ampuni itu yang dibebaskan, dia sih mau kamu ampuni atau engga juga, gak ada bedanya, dia punya urusan sendiri.

Nah, gimana langkahnya? Gak bisa dengan nungguin perasaan kamu enakan atau sembuh dengan sendirinya. Tapi itu adalah suatu keputusan. Harus ambil keputusan untuk forgive and forget. Caranya bisa macem-macem sih, salah satu contohnya bisa dengan cara menulis surat utk menyatakan perasaaan kamu ke dia, apa yang bikin kamu marah dan benci, diakhiri dengan perkataan kalo kamu sudah memaafkan dia. Mungkin keliatannya aneh, atau kamu bakal dianggap aneh, tapi gak apa, itu cara cukup efektif lho. Atau kalo gak mau lgs berhubungan sama orangnya, surat itu gak usah kamu kasihkan, tapi cukup kamu simpan, dan anggap sudah selesai. Dan kamu harus move on.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pacar Yang Pasif

Q : Tante, pacar aku tuh orangnya pasif. Jarang dia yang duluan berusaha ketemu aku, kayanya selalu harus aku yang minta ketemu, atau minta dia

Read More »

Dikacangin Teman-Teman

Ini adalah email yang sudah lama juga, tapi banyak banget remaja yang mengalami hal ini, ditinggal atau tidak diajak oleh “geng” nya, jadi Auntie post

Read More »