Apakah Perlu Memberikan Gaji Kita ke Ortu

(Q) : Auntie, kalo kita udah kerja atau baru dapet kerja, seberapa perlu kita ngasih gaji bulanan kita ke ortu? misal gaji standar fresh grad 3 juta, berapa jmlh yg “layak” kita kasih ke ortu? kalo boleh auntie cerita, waktu dapet gaji pertama auntie pake buat apa aja?


(A) : Kalau mau kasih gaji kita ke ortu, gak ada standardnya sih, itu tergantung kebutuhan ortu atau niat kita aja, ini buat 2 contoh ekstrim aja ya :

1. Ortu sama sekali gak perlu bantuan dr gaji dr kita dan menolak pemberian kita, maka sisihkan setiap bulan 10% utk ditabung dan diberikan sebagai kado ulang tahun mereka berupa barang atau pergi liburan yg sederhana.

2. Ortu dan keluarga masih sangat butuh bantuan dr gaji kita, maka sisihkan gaji kita minimal 10% utk ditabung buat keperluan mendadak kita sendiri di masa depan, lalu hitung seluruh kebutuhan pokok pribadi kita sendiri, baru sisanya seluruhnya diberikan kepada ortu kita.

Kalo dulu gaji pertama2 auntie hampir 30% ditabung, selebihnya utk keperluan pribadi karena masih anak kos, tapi sudah mandiri dan gak perlu lagi bantuan ortu, termasuk belanja2 juga hehe.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Love & Relationship

Plus minus LDR

Plus minus LDR alias Long Distance Relationship alias pacaran jarak jauh (+) kita jadi punya banyak waktu utk diri sendiri dan banyak waktu utk berteman,

Read More »
All About Teen

Cewek Nembak Cowok

(Q) : Auntie kalo cewek nembak cowo dulu itu salah gak sih? (A) : Salah sih engga yah, cuma karena auntie termasuk masih konservatif, auntie

Read More »