Apa Respon Kita Jika Di-Bully?

Q : Tante, jadi akhir-akhir ini saya dibully terus di kelas. Gak sama sekelas juga sih di bully nya, tapi sama salah satu group cewe yang isinya ya kira kira ada 6 – 8 perempuan aja. Bahkan beberapa dari mereka dulunya adalah teman baik saya, tante. Saya dibully sudah cukup lama nih, yaaa, 3 bulan ada lah.

Di kelas saya ada beberapa perempuan lain (diluar group itu) yang mau berteman dengan saya sih untungnya, dan para cowok juga tidak ikut nge bully saya. Tapi tante, walaupun masih ada temen yang mau temani kita, tetep aja dibully gak enak kan?

Dibully memang membuat saya lebih tertekan walaupun saya masih punya teman. Sepertinya, segala sesuatu yang saya lakuin itu salah di mata mereka. Tapi sebenernya yang memulai semua hal ini cuman 1 orang, teman teman yang lain hanya terpengaruh 1 orang ini aja. Anggap aja orang itu X

Tapi saya pernah baca ayat yang menyuruh kita untuk mendoakan musuh kita, dan saya pun sudah beberapa kali mendoakan si X. Si X pun sering menyindir nyindir saya di depan kelas. Saya tiap hari udah berdoa supaya si X gak membully saya lagi. Tapi hasilnya tetep aja, tante

Ampir tiap hari saya doa supaya si X tidak membully saya lagi, tapi kenapa saya tetep dibully aja? Tante, mungkin gak sih Tuhan gak ngedengerin doa aku? Abis tiap hari ngebully nya serasa menjadi-jadi Please jawab ya tante, kasih solusi juga apa yang harus aku lakuin lagi Thanks


A : Wah, kamu pasti gak enak banget yah hari-hari ini di sekolah, tante ikut prihatin deh denger cerita kamu. Tapi sebetulnya, yang ngalamin kaya kamu itu ternyata cukup banyak kok, jadi kamu gak sendirian. Malahan tante sendiri pernah ngalamin, walau bukan tante sendiri yang langsung ngalamin, tapi orang yang dekat banget sama tante, ceritanya persis kaya kamu. Sampai pas saat itu sih, tante aja sempat kesal dan rasanya pengen bales orang-orang yang ngebully itu.

Tapi untungnya, dia berhasil bertahan dan lewatin semuanya dengan baik, walau butuh waktu yang cukup lama juga, sampe beberapa tahun. Caranya sama dengan kamu, dia juga berdoa sama Tuhan, dan berdoa buat orang-orang yang membully dia. Dan hasilnya dia jadi orang yang lebih bijak, banyak teman yang percaya sama dia, orang-orang yang dulunya sempat jadi teman dan ikut membully, sekarang bisa lihat kalo dia adalah teman yang baik. Dan orang yang paling “jahat” , akhirnya dia sendiri dijauhi banyak orang dan ngalamin banyak masalah juga, karena dia gak mau berubah, dan orang mulai melihat bahwa dia bukan orang yang baik.

Memang saat ngalamin itu, pasti kerasanya tuh berat banget, gak pengen sekolah, sering merasa kesepian, ngerasa gak adil, ngerasa gak dihargai, dll. Tapi tante percaya, hal itu gak menimpa semua orang karena memang Tuhan pilih orang-orang tertentu untuk dia bentuk jadi orang yang luar biasa. Mungkin caranya gak enak, tapi kalo kamu sadar, kamu akan banyak belajar dari masalah kamu ini. Kamu akan lebih cepat dewasa, akan belajar menghargai orang lain, belajar mengerti berbagai perasaan sehingga kamu jadi orang yang peka terhadap perasaan orang lain, jadi orang yang tough juga.

Btw, akibat dibully gini, gak semua orang bisa lewati dengan baik lho, ada yang akhirnya jadi hancur juga, hilang percaya diri, hidup penuh kemarahan, kecewa, dan kepahitan. Tapi sebetulnya itu juga pilihan dari respon kita. Waktu kamu berdoa, mungkin Tuhan gak segera jawab dan tolong kamu, tapi Dia akan kasih kamu kekuatan untuk bisa melewati semuanya dengan baik, Dia juga akan berikan kamu hati yang bisa mengampuni dan mengasihi. Sebab kalau bukan karena Tuhan, pasti kita gak sanggup sih. Makanya jangan pernah berhenti berdoa dan percaya pada Tuhan. Ada waktunya semua ini akan lewat, tapi pastinya sesuai waktunya Tuhan. Dan tante berharap kamu bisa jadi orang yang luar biasa itu, bukan orang yang hancur akibat masalah ini ok?

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All About Teen

Berani Kenalan

(Q) : Tante aku udah beberapa kali f2f (face to face) sama cewek yang aku suka tapi belum kenalan, nah kalau aku kenalan itu jadi

Read More »

Menghadapi Mama yang Emosian

Q : Tante, mama aku tuh orangnya kalo emosi semua orang diajak ribut sampe akhirnya dia bisa teriak-teriak dan ngeluapin semua emosinya baru akhirnya tenang/hepi

Read More »
Love & Relationship

Trauma Jatuh Cinta

(Q) : Salah gak kalau trauma jatuh cinta gara-gara ngerasa sering disakitin terus? (A) : Gak salah tapi gak bener juga. Gak salah karena siapa

Read More »