Mengejar Pendidikan dan Karir Setelah Menikah

(Q) : Auntie, apakah setelah menikah perempuan harus melepas mimpinya punya karir tinggi dan pendidikan lebih tinggi? misalnya stlh menikah dan punya anak, masih bisa nggak sih, perempuan itu ngejar beasiswa ke luar negeri, atau ngejar posisi t’tentu di karir nya?


(A) : Sebetulnya bisa aja sih, tapi kalo sudah menikah kan prioritas kita berbeda dibanding sebelum menikah. Yang penting ada beberapa hal yang jadi pertimbangan kita :

1. Apakah suami kita mengijinkan dan mendukung? Kalo ok, itu akan sangat membantu kelancaran kamu mencapai cita2 kamu itu.

2. Apakah memungkinkan untuk menunda punya anak dulu, minimal sampai pendidikan selesai? Kalaupun mau punya anak dulu, minimal sampai anak umur 2 thn baru kita bisa memulai lagi sekolah.

Memang menjalaninya akan lebih berat dan butuh sekali dukungan keluarga. Tapi tetap masih bisa. Ada beberapa teman tante yg seperti itu kok. Cuma memang butuh komitmen, niat, juga semangat yg besar. Kalau engga, pasti menyerah di tengah jalan.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog

My Diary

27 Januari 2016 Waktu kecil, saya punya buku harian ( diary ), dan seperti buku diary pada umumnya waktu itu, bukunya tebal dan ada kuncinya,

Read More »