Memilih Jurusan IPA atau IPS

Q : Tan, aku tuh anak kelas 9 (nanti pas masuk sekolah aku kelas 9), aku tuh bingung SMA nya mau IPA/IPS. Sebenarnya mau IPA sih, tapi saya tau fisika sama kimia nya susah banget. Tapi saya ga mau IPS juga tan, ekonominya geje.  Cuman kan sekarang saya naik kelas 9, pas kelas 8 nilai IPA sama IPS saya dua-duanya rada jarang merah sih tan. Jadi nilai IPA saya sama IPS saya dua-duanya jarang merah, tapi nilai IPS saya cenderung lebih tinggi daripada nilai IPA. Tap saya sama sekali tidak mau masuk IPS tan, saya gasuka ekonomi banget, susah. Jadi mending gimana nih tan?


A : Jadi gini, beberapa hal yg bisa jadi pertimbangan kamu :

1. Kamu kuliah minatnya ambil jurusan apa, udah tau belum? Kalo jurusan itu syaratnya kudu anak IPA berarti anak IPS gak akan bisa masuk.

2. Kamu suka gak dengan pelajaran math, fisika, kimia, biologi? Karena kalo kamu gak suka, kamu akan merasa menderita masuk IPA, jam pelajarannya bakal banyak banget dalam seminggu.. Kalo soal IPA itu susah, relatif lah.. Kalo seneng sih, walau susah, kita masih bisa enjoy

3. Nanti sebelum kamu penjurusan, biasanya akan psikotest dulu kok, untuk tau bakat dan minat kamu.. Jadi nanti akan direferensikan apakah kamu lebih cocok masuk IPA atau IPS.

Mudah-mudahan langkah tsb bisa bantu kamu memutuskan nanti mau masuk apa ya.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All About Teen

Minder karena gemuk

(Q) : Auntie, aku suka minder soalnya gendut, gimana yah? (A) : Sebenernya gak ada alasan utk minder : – takut gak punya temen :

Read More »