Berencana Tidak Naik Kelas

Q: Selamat malam auntie, maaf kalau mengganggu. Jadi gini auntie. Aku ini masih kelas 10 dan walaupun sekolahku sekolah favorit yang isinya anak pinter, nilaiku itu jelek banget. Nilai UH/UTSku kebanyakan <40 semua bahkan beberapa nol besar. Aku emang agak kaget karena kehidupan sma itu sulit. Aku yang selama smp gak pernah belajar bahkan ketika UN kaget kan. Aku gak terbiasa belajar. Dan karena down, aku jadi gaada semangat buat sekolah/bergaul.

Lalu, baru sekarang aku sadar, aku gaboleh terus-terusan kayak gini. Tapi sekarang itu udah H-2minggu UKK. Sedangkan aku pengen senengin orangtua dengan masuk PTN setelah lulus SMA. Dalam waktu 2 minggu, ga mungkin kan aku kejar semua mata pelajaran dari awal banget sampe yang tebaru. Apalagi 2 minggu ke depan itu musim ulangan. dan aku sadar, aku bukan anak pintar yang cepat menyerap pelajaran. Bahkan anak pintarpun ga mungkin pelajari materi setahun dalam waktu 2 minggu.

Yang ku tau, untuk diterima PTN, rapor akan dinilai sejak semester 1, dan harus terus meningkat. Dan dengan hasil yang aku dapat selama setahun ini gak mungkin bikin aku masuk PT yang bagus. Jangankan PTN, PTS (yang bagus)-pun belum tentu aku terima.

Setelah mikirin jalan keluar, akhirnya aku memutuskan buat tinggal kelas, dengan tujuan, aku pengen ngemban ilmu sedalam2nya di kesempatan keduaku ini. Aku bener2 pengen berubah auntie. Karena kalo aku naik kelas. Aku takut, nantinya kelas 11 dan 12 aku bakal sama kayak kelas 10. karena materi paling dasar kelas 10 aja aku ga ngerti.

Tapi aku takut bilang ke orang tuaku. Aku takut mereka marah/kecewa/malu karena punya anak yang tinggal kelas. Menurut auntie, gimana ya baiknya aku minta restu orangtuaku atas keputusanku ini? 

Terus 1 lagi, kalau auntie jadi orangtuaku dan ternyata anak auntie minta izin tinggal kelas karena alasan diatas, gimana perasaan dan reaksi auntie?

Maaf kalau aku ganggu Auntie Ann pake email panjang, malem-malem gini. Soalnya aku takut. Mohon bantuannya auntie. Terimakasih banyak 🙂


A: Halo, senang dapat email dr kamu :-).
Buat masalah kamu itu, auntie mau kasih pendapat sebagai orang tua ya..

Sebenernya ortu itu gak semata2 cuma senang dengan hasil prestasi anak. Memang sih kalo prestasi bagus, dah pasti mereka senang. Tp ada yg lbh penting lagi, yaitu gimana mereka liat usaha anak selama mereka sekolah.

Mungkin skr di kelas 10 ini, kamu baru sadar kalo belajar dengan konsisten itu penting, terlepas dr seseorang itu “pinter” dalam arti cepat dalam belajar dan menyerap ilmu, atau kurang cepat belajar. Orang yg pinter juga perlu kok utk suatu ketika dia sungguh2 belajar, krn belajar itu semacam latihan utk membetuk karakter dan cara berpikir.

Nah, jadi, kesadaran kamu utk mulai belajar itu udah bagus banget. Tinggal jangan tinggal niat aja, tp musti kamu praktekan, jangan menunda lagi utk mulai nanti di tahun ajaran baru. Baik kamu nanti naik kelas atau pun ternyata tetap tinggal kelas.

Jadi maksud auntie, walaupun UKK tinggal 2 minggu lagi, besok adalah saat yg tepat utk kamu mulai belajar keras. Coba malam ini / besok pagi kamu susun jadwal belajar. Misal : Sabtu kamu luangkan waktu utk belajar total 6 – 8 jam, dst setiap hari. Terus tentuin mata pelajaran apa dulu yg kamu mau pelajari. Mulai dr yg kamu paling gak ngerti. Nah, terus hari senin coba kamu menghadap ke salah satu guru kamu yg kamu pikir paling bisa dimintain pendapat. Kamu bilang, kamu butuh bantuan bimbingan belajar, minta saran, kira2 guru mana aja yg bakal bersedia bantu kamu belajar. Terus segera bikin janji sama guru2 tsb utk bimbing kamu di luar jam sekolah. Auntie yakin pasti ada di antara guru2 yg akan bantu kamu belajar lbh efektif, drpada kamu bingung mulai dari bahan mana kalo belajar sendiri di rumah.

Jadi intinya kamu hrs berusaha dulu sampai titik darah penghabisan, jangan menyerah di awal.
Oya, ini bukan semata2 supaya kamu naik kelas ya, kalo kamu merasa kamu butuh mengulang kelas 10, itu fine aja, tp memulai usaha belajar 2 minggu menjelang UKK ini adalah langkah awal utk kamu mulai membiasakan diri belajar.

Kalo kamu gak mulai sekarang, dan kamu menyerah,,auntie gak yakin waktu kamu ngulang kelas 10 lagi, kamu akan mengalami perubahan yg berarti.
Oya, utk membicarakan hal ini ke ortu kamu. Pendapat auntie, kamu jangan langsung utarakan niat kamu utk tinggal kelas, pasti mereka akan kecewa berat, krn mereka gak melihat ada usaha dan penyesalan kamu. Yg perlu kamu sampaikan adalah, kondisi nilai kamu sekarang, dan kemungkinan kamu gak naik kelas. Tp selanjutnya kamu musti segera bilang, dalam 2 minggu ini kamu akan berusaha semampu kamu. Kasih tau mereka rencana belajar kamu, dan minta doa mereka supaya kamu mampu belajar menghadapi ukk.

Auntie yakin, kalo mereka bener2 liat usaha kamu 2 minggu ke depan,kalaupun akhirnya kamu gagal,,mereka gak akan marah, malah mungkin sebaliknya,,mereka akan hibur kamu dan menerima kegagalan kamu itu.
Soal nantinya kamu mau masuk PTN / PTS, itu kamu gak usah pusingin sekarang ini. Percayalah, kalo kamu memang berusaha yg terbaik, sambil berdoa, maka gak ada yg mustahil buat orang tsb.

Ayo, tetap semangat ya!

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog

Stuck di airport

  Senin, 24 Agustus 2015 10.30 Stuck di airport! Baru kali ini saya ngalamin yg namanya stuck di airport. Memang sih gak separah Tom Hanks

Read More »