Remaja depresi berpikir untuk bunuh diri

Q : auntie, pendapat dong. biasanya kan anak remaja itu suka berpikiran yg buruk ttng hidupnya, sring depresi trs kepikiran bunuh diri. kasih tips buat ngehadapin itu dong aunt… thx before


A : Buat yang suka berpikiran buruk ttg hidupnya, depresi, sampa kepikiran mau bunuh diri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

1. Dia musti ngerti kalo dia sampe ada di dunia ini, bukan karena kebetulan atau kesalahan, tapi karena memang Tuhan menghendaki dia dilahirkan, soalnya Tuhan punya tujuan untuk setiap orang. Ibarat kita ciptain suatu barang, pasti ada tujuannya buat apa.

2. Waktu jalanin hidup, dia harus punya tujuan. Kalo seseorang gak punya cita-cita, gak punya tujuan, ibarat orang nyetir mobil tapi gak tau mau kemana, akhirnya muter2 gak karuan, abis waktu, biaya, dan lelah.

3. Untuk tau tujuan hidup kita, yang paling bener adalah kalo kita tanya penciptanya, sebenernya apa sih panggilan hidup kita? Makanya kenapa kita harus jalin hubungan sama Tuhan setiap waktu

4. Waktu ngadepin masalah, tentu kita juga musti tanya sama Tuhan yang pegang skenario hidup kita. Kita minta tuntunannya setiap hari. Dan percayalah Dia pasti udah siapin jalan keluar, juga Dia memperlengkapi kita dengan apa yang kita perlu untuk jalanin hidup, jadi kita gak sampai putus asa dan depresi, karena kita punya pengharapan selalu.

5. Orang yang berpikir bunuh diri, itu karena dia gak punya pengharapan lagi. Kalo dia ngerti hal di atas, bahwa dia hidup gak pernah sendirian, ada tangan Tuhan yang siap menolong, dan kalo dia ngerti bahwa di depan masih ada jalan panjang yang musti dia lewati utk hari depan yang baik, pasti dia gak akan hilang perharapan.

6. Yang terakhir, orang yang mau bunuh diri musti tau, kalo tindakan itu adalah dosa, dan pasti masuk neraka. Jadi itu bukan akhir hidup dan akhir masalahnya, tapi awal dari hidup kekal dengan penderitaan yang kekal. Jadi dia harusnya takut :-).

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog

My Journey – The beginning

Dari sekian kali perjalanan saya, baru kali ini saya tulis jurnalnya, kenapa? Karena baru sekarang saya punya blog hahahaha…! Kalo dalam sebuah buku, maka tulisan saya

Read More »