Dikacangin Teman-Teman

Ini adalah email yang sudah lama juga, tapi banyak banget remaja yang mengalami hal ini, ditinggal atau tidak diajak oleh “geng” nya, jadi Auntie post aja, semoga bermanfaat buat banyak remaja yah.

Q: Selamat malam auntie, aku lihat mengenai video di youtube auntie teman yang datang pas butuh aja sangat membantu sekali. Lalu aku juga mau meminta pendapat auntie, usiaku 16 tahun mau 17 , aku sendiri sedang merasa teman saya datang pas butuh aja sejak beberapa lama ini, karena sebelum sebelumnya pertemanan saya sama mereka baik baik saja, mereka ini 4 orangan.

Sekarang saya merasa ada jarak diantara pertemanan saya dan iya saya merasa  karena saya juga seperti menjauh dengan mereka karena akhir akhir ini juga topik yang sering mereka bahas itu tentang percintaan mulu sedangkan saya tidak begitu memikirkan tentang percintaan😂 dan mereka hanya curhat dengan mereka ber-4 saja,saya pun merasa tidak dihiraukan , dan akhirnya setiap ada masalah mereka dia hanya membicarakan kepda orang ber-4 itu aja saya seperti tidak dilibatkan.

Lalu apakah saya salah jika seperti berpura pura tidak tahu supaya mereka mau bicara sendri tentang masalahnya kepada saya? Apa karna salah saya yang malah kurang terlibat dengan mereka auntie?

Mereka jarang menceritakan kepada saya tentang persoalan mereka begitu juga saya jarang bercerita dengan mereka. Itu membuat hubungan pertemanan kami mengurang dan mereka jadi fokus sama urusan mereka saja sampai akhirnya mereka pun tidak sadar dengan sendirinya telah datang kepada saya ketika mereka butuh saja.

Ya saya maklumin itu tetapi tetap saja saya merasa kurang nyaman dengan mereka. Apakah dengan begini saya meletakan posisi mereka di lingkungan pertemanan luar  atau tetap di lingkungan pertemanan dalam? Tetapi rasanya mulai sulit untuk berkomunikasi dengan mereka. Saya pun merasa lelah😂

Terkadang saya pun binggung permasalahan ini karena ada diri saya sendri apa memang pertemanan kami mulai tidak cocok, dan saya merasa nyaman dengan lingkungan teman baru saya. Saya juga merasa saya orang kurang mengerti orang lain jadi kalau teman baru memang fine saja .

Saya takut hal ini terjadi dipertemanan saya yang baru dan pertemanan saya yang lama jadi terhentikan karena saya yang juga tidak nyaman saya ingin mengembalikan rasa nyaman itu kembali namun apakah bisa ?

Karena salah satu diantara mereka ber 4 ada yang teman saya dari 3 tahun lalu namun saya merasa tidak ada perkembangan

Dan bagaimana cara kita bersikap terhadap pertemanan agar kita tidak perhitungan dengan teman. Lalu apakah hal ini termasuk salah nya di diri saya sendri yang kurang care sama teman sekitar saya .

Terima kasih Auntiee ditunggu pendapat auntie mengenai kisah pertemanan saya yang terkadang saya iri dengan kisah persahabatan orang lain… 😂😂Terima Kasih banyak sebelumnyaa… hihihi


A: Masalah yang kamu alami ini sebetulnya banyak sekali dialami sama remaja seumuran kamu. Kalo kamu liat persahabatan orang lain, apalagi kalo kamu liat dari instagram, IG Story, pasti kadang ada rasa iri atau sedih, karena keliatannya orang lain itu kaya yang seru, kompak, rame banget, dll. Padahal kenyatannnya sebetulnya gak seperti itu kok. Dalam pertemanan itu selalu ada aja hal-hal yang dirasa kurang cocok, baik di dalam kelompok itu sendiri atau di antara masing-masing personalnya. Gak banyak kelompok yang bisa bener2 kompak atau cocok semuanya.

Nah, sekarang ke masalah kamu yah.
Kamu sekarang merasa jadi jauh sama temen2 kamu karena topik yang mereka lagi asyik bahas kebetulan gak cocok sama kamu. Dan pasti mereka juga sadar kalo kamu gak cocok sama topik mereka, makanya mereka mungkin jadi sering ‘ngacangin’ kamu, dan udah pasti kamu jadinya merasa gak nyaman sama mereka. Nah, terus kan kamu bilang, akhirnya mereka kalo datang ke kamu, kalo pas lagi butuh aja. Hem, menurut auntie sebetulnya mereka bukan datang ke kamu pas lagi butuh aja sih, cuma karena mereka masih menganggap kamu teman mereka, maka waktu mereka ada kebutuhan, terus mereka pikir yang paling bisa diminta bantuan itu kamu, pasti mereka akan datang ke kamu, dibanding mereka datang ke orang lain, karena mereka masih merasa paling deket sama kamu, dibanding sama orang lain. Justru yang sedih itu, kalo misalnya mereka ada butuh, tapi mereka memilih minta bantuan ke orang lain, karena mereka merasa gak enak sama kamu, artinya pertemanan kalian udah jadi berjarak jauh.

Kalau menurut pendapat auntie, apa yang musti kamu lakukan sekarang?
Gini, untuk dapat teman2 seperti mereka, tentu gak gampang, apalagi ada yang udah sampai 3 tahun lamanya temenan sama kamu. Kamu harus berusaha mempertahankan mereka. Tapi caranya tentu aja kamu jangan memaksakan diri untuk jadi sama dengan mereka, karena malah kamu akan jadi makin gak nyaman dan gak enjoy. Tapi coba caranya dengan kamu ‘deketin’ mereka bukan waktu lagi berkelompok, tapi lebih ke masing-masing orangnya. Tapi jangan modus yah. Tetap kamu dekati mereka dengan motivasi tulus. Misalnya, tetap kasih perhatian ke masing-masing. Mungkin kamu nge chat duluan. Atau kalo kamu tau si A misalnya lagi ada butuh bantuan apa, kamu yang bantuin dia. Tau si B, kamu tau dia mungkin lagi ada masalah, kamu bisa care gitu. Jadi kamu menjaga pertemanan dengan mereka lebih ke personal. Kalo gak bisa ke empat-empatnya, kamu bisa pilih 1-2 orang yang memang paling bisa dekat, atau nyambung sama kamu.

Dengan demikian, pada saat2 dimana kalian kumpul bareng2, walaupun mereka asyk sendiri, tapi masing-masing mereka tetap merasa hangat dengan kehadiran kamu.

Sementara itu, kamu tentu aja boleh juga cari teman baru. Yang mungkin lebih cocok topiknya sama kamu. Mungkin gak langsung ekstrem dengan tiba-tiba masuk ke kelompok lain yang udah ada. Tapi coba pendekatannya lebih ke personal. Kalo kita udah bisa dekat dengan personal, maka untuk masuk ke kelompoknya pasti lebih gampang, karena kita udah dekat dengan beberapa orang di kelompok tsb.

Semoga kamu ngerti yah saran dari auntie. Selamat mencoba yah.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulit Suka Sama Cowok

Q : Auntie aneh gak sih kalau saya sampe sekarang (kelas 3 SMP) belum suka sama siapa-siapa. Bisa dibilang sudah dideketin beberapa cowok, malah ada

Read More »
All About Teen

SD atau SMP sudah pacaran?

(Q) : Pendapat auntie ttg anak sd/smp yang udah pacaran? (A) : Ini pendapat auntie pribadi lagi yah…sekali lagi bukan bener/salah : 1. Auntie punya

Read More »