Tips Wawancara Kerja

Q: Tan gmn sih caranya kalo ada wawancara kerja atau kegiatan biar diterima? nge-jawabnya harus kayak gimana? Coba share dong tan A : 1. Penampilan : penampilan harus sesuai dengan bidang yang kamu sedang wawancara, kalo wawancara kerja berarti harus memakai pakaian kerja (jangan pakaian santai), kalo wawancara kegiatan berarti harus berpakaian sesuai kegiatan tsb. 2. Knowledge : dalam hal ini kamu musti tau pekerjaan/perusahaan atau kegiatan apa yang sedang kamu "lamar". Jangan datang wawancara tanpa kamu tau apa yang sedang mereka cari. 3. Jawab semua pertanyaan dengan mantap. Jangan keliatan ragu-ragu. Hindari kata "mungkin"…

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Q: Auntie,boleh dong kasih tips buat anak sma yang bingung mo pilih jurusan kuliah nantinya A: Ada 2 hal penting yang musti kamu tentuin dulu pertama kali : 1. Minat dan bakat kamu kira-kira di jurusan apa (bisa dilihat dari hobby atau ikut tes minat dan bakat) 2. Universitas mana yang memungkinkan kamu masuk. Jadi misalnya minat dan bakat kamu di bidang arsitek, coba kamu liat universitas mana yang jurusan arsiteknya bagus. Kalo misalnya universitas yang ada jurusan yang bagus tsb tidak memungkinkan kamu ke sana (misalnya di luar kota atau biayanya terlalu mahal), maka…

Menolak Teman Datang ke Rumah (bag ke-2)

Q: Aku ga suka bukan karena gak ada alesan nih Tan. Tapi, dia tuh bikin nama samaran buat aku, dan dia suka ejek ejek aku pake nama samaran itu. Ngejeknya bikin sakit ati banget, lalu bukan cuman sehari dua hari ngejeknya, tiap hari selama 8 bulan dong tan 😭 A : Wah, ini udah masuk kategori bullying. Kalo kamu betul-betul tertekan sama masalah ini, kamu perlu lapor ke pihak sekolah yang memang bisa dipercaya untuk menangani masalah ini. Paling bagus kalo ortu kamu ikut menghadap ke pihak sekolah. Oya, ini soal yg kamu mau nolak…

Menolak Teman Datang ke Rumah (bag ke-1)

Q : Tan kalau misalnya ada teman yang aku GASUKA lalu dia lusa harus ke rumah aku. Gabisa engga tan, soalnya kita mau pergi ke 1 acara sekolah wajib dan dia harus numpang mobil teman aku, dan teman aku yang mobilnya ditumpangi itu ke rumah aku dulu. Jadi teman yang aku ga sukanya juga harus ikut ke rumah aku dulu. Ngerti ga tan? Jadi aku kalo mau nge-reject temen yang aku ga suka untuk datang ke rumah aku, gimana tan? Apa yg harus aku omongin ke mereka? A : Hem, segitu gak sukanya sampe kamu…

Cara Kenalan Dengan Cewek Pendiam

Q : Auntie, mau nanya, di greja saya ada cewek, saya mau kenalan tapi biar ga obvious kaya modus gitu gimana ya tan? Masalahnya dia kaya ke gereja sendirian, gak bareng orang tuanya, terus kaya ga pernah ikut pelayanan, kaya pendiem banget, beres kebaktian dia langsung pulang, tapi dia anaknya keliatan baik. Gimana ya supaya bisa kenalan tan? makasih tan hehe:) A : Karena dia tipe yg keliatannya pendiem dan dia biasa sendirian, kamu jangan pake gaya sksd, atau heboh atau rame-rame. Tar dia kaget. Kamu boleh ajak temen cewek kamu satu orang yang ramah…

Jabat Tangan Ketika Pertama Kali Ketemu Ortu Cewek?

Q : Halo tante gaul, mau tanya dong soal video tips berkunjung ke rumah cewek, waktu aku nonton video itu, aku setuju banget sama semua hal yang auntie bilang, tapi anon punya pertanyaan nih, kalo misalnya anon ( cowok ) waktu ketemu ortu cewek itu, kan pasti harus nyapa nih, tapi kalau anon langsung salaman/jabat tangan itu kesannya hormat atau aneh atau terlalu gila hormat ?? Takutnya anon dianggap gila hormat atau aneh hehehe. MAKASI AUNTIE A : Kalo itu adalah pertemuan pertama kali, sama sekali gak aneh kalo kamu kasih tangan kamu untuk jabat…

Tips Belajar Bergaul

Q : Aunt jadi waktu itu aku ikut psikotest. Menurut hasilnya, tertulis bahwa aku tuh rada sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memiliki sedikit kesulitan dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Apakah itu berarti aku rada sulit bergaul? Kebeneran taun depan aku pindah sekolah. Jadi karena aku pindah sekolah, aku harus cari teman baru dong aunt? Auntie ada tips untuk bergaul? Secara kan aku ditulisnya sulit untuk bergaul aunt... Aku gamau ga punya temen, aku mau punya temen A : Pertama-pertama hasil psikotest itu jangan dijadikan cap kalau kamu itu orang yang sulit bergaul. Itu hanya…

Mendekati Cewek Tukang PHP

Q : Menurut tante apakah deketin cewe yang tukang PHP itu salah? Dan apa langkah selanjutnya untuk saya mohon bantuan A : Wah, siapa yang bilang salah? mencoba mah boleh aja, tapi resiko tanggung sendiri kan? heheh.. just kidding yah. Gini ya, kadang cewek di cap tukang PHP itu juga belum tentu bener lho. Belum tentu dia tuh niat atau seneng mainin orang lain dengan ngasih harapan palsu. Bisa aja orangnya memang ramah, atau gak enakan, atau engga tegas, atau cenderung genit, tapi bukan maksud dia sengaja bikin orang baper terus ditinggal. Menurut tante, kalo…

Apa Respon Kita Jika Di-bully? (bag.2)

Q : Ternyata bener ya tante bukan cuman saya yang ngalamin dibully gitu? Ceritanya bisa sama persis lagi? Hahaha kebetulan yah. Kebetulan aku punya temen curhat tante, tapi di lain kelas, ga sekelas sama aku tan. Aku pernah curhatin tentang si X dan teman temannya yang bully saya Lalu temen curhat itu ngirimin 1 foto ke aku. Foto kaya quotes gitu, tante. Tulisannya: "When God wants you to grow, He makes you uncomfortable". Aku ngerti sih, tapi emang 'uncomfortable'nya harus se lama 4 bulan? Ato pembentukan sikap itu emang sulit tan? A : Iya, kisahnya…

Sikap Seorang Pemimpin

Q : Tan, sebagai orang nomor satu (ketua) yang baik tuh harusnya gimana sih? Apa dia pantas jadi orang nomor satu kalau ngontrol sikap & emosinya sendiri aja gak bisa? A : Orang yang gak bisa ngontrol sikap dan emosi sudah pasti gak bisa jadi pemimpin yang baik. Orang nomor satu/ketua (boss) itu belum tentu punya jiwa pemimpin (leader). Seorang pemimpin yang baik akan membawa orang-orang untuk bisa bekerjasama dengan dia mencapai tujuan. Dia bisa menggunakan orang-orang yang lebih kuat/pinter/ahli untuk mengikuti dia, dan dia juga bisa memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang lebih lemah supaya…